Sabtu, 07 Januari 2017

Infrastruktur Penyebrangan Antar Pulau

Indonesia merupakan Negara Megadiversity, yatu adalah negara yang kaya akan keragaman hayati, oleh karena itu tentunya diperlukan pengembangan pada sektor pariwisata di indonesia, terutama pada infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur pariwisata pada daerah daerah yang kaya akan wisata alam sungguh sangat diperlukan, seperti halnya pada Provinsi Bengkulu.

Pada Provinsi Bengkulu terdapat sebuah pulau yang dinamakan “Pulau Tikus”. Pulau tersebut sangatlah mempunyai daya tarik bagi para wisatawan, namun sayangnya infrastruktur pariwisata disana sangat tidak memadai. Maka dari itu dibutuhkan pembangunan infrastruktur pariwisata guna menunjang sektor pariwisata tersebut.

Pembangunan infrastruktur penyebrangan antar pulau sungguh sangat diperlukan di kawasan tersebut, yakini seperti PT.PELNI yang disediakan oleh pemerintah guna menunjang sektor pariwisata. Dibangun nya infrastruktur penyebrangan antar pulau yang menyediakan kapal untuk transportasi tersebut sangat diperlukan, agar para wisatawan dapat dengan mudah menjangkau pulau tersebut. Berikut adalah konsep pembangunan fasilitas tersebut adalah :

1.     Sebuah dermaga atau pelabuhan kecil yang menyediakan transportasi antar pulau.
2.     Transportasi kapal
Sebagai transportasi antar pulau, dibutuhkan kapal cepat seperti speed boat.
3.     Fasilitas watersport
Dibuatnya fasilitas watersport bertujuan untuk menunjang minat para wisatawan untuk menikmati keindahan wisata dipulau tersebut, seperti snorkling, sea walker dan lain-lain.
4.     Lahan parkir
Didutuhkan nya lahan parkir bertujuan untuk menyediakan fasilitas parkir yg aman serta bebas dari pungutan parkir liar.
5.     Pusat informasi & loket tiket
Berguna untuk memberi informasi kepada para wisatawan tentang fasilitas yang terdapat dipulau serta cara pembelian tiket.
6.     Toilet
7.     Restaurant
Berupa tempat makan serta sempat bersantai bagi para wisatawan sambil merefleksikan diri menunggu antrian serta beristirahat.

Alasan dibangun nya infrastruktur penyebrangan antar pulau ini dikarenakan :

1.     Provinsi Bengkulu mempunyai banyak sekali wisata alam yang dapat memikat para wisatawan.
2.     Sebagai penunjang pemasukan ekonomi bagi sektor pariwisata di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kota Bengkulu.
3.     Menjadikan wisata Pulau Tikus menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan serta warga lokal yang ingin menikmati keindahan pulau sambil ber rekreasi.
4.     Untuk dapat memikat para wisatawan serta mempermudah mereka untuk menikmati wisata alam Pulau Tikus.

5.     Menjadikan Provinsi Bengkulu dipandang luas akan kota pariwisata bagi para wisatawan serta masyarakat indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar